Berita

Berita Thumbnail
Senin, 11 Oktober 2021
Oleh: Admin

Workshop Komik Strip

Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti mengadakan acara Workshop Komik Strip yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Oktober 2021 melalui metode daring. Acara dibuka oleh Susy Irma Adisurya, S.Sn, M.Ds sebagai ketua acara dilanjutkan oleh sambutan Dr. Sangayu Ketut Laksemi Nilotama., M.Ds selaku Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

Sebagai narasumber Iskandar Salim, S.Sn (Komikus @Komikfaktap yang juga Alumni Desain Komunikasi Visual 1993) dalam pemaparannya menyampaikan bahwa komik strip adalah rangkaian gambar yang disusun dalam panel yang saling terkait untuk menampilkan cerita singkat, dibantu oleh teks dalam balon kata dan keterangan, dan kadang ceritanya dibuat bersambung. Di era modern komik strip sering kita jumpai di koran atau majalah. Seiring era teknologi internet, komik strip hadir sebagai webkomik/digital di platform media sosial.

Kak Iskandar menyampaikan kenapa memilih komik strip yaitu : 

•    Produksi cepat, dibanding dengan komik panjang. 

•    Dibacanya juga cepat, terutama di era informasi yang masif. 

•    Cocok untuk platform media sosial yang popular. 

•    Menghibur, menggugah pembaca. 

•    Menyampaikan opini komikus atau masyarakat. 

•    Medium visual yang lebih efektif dibanding artikel teks. 

Acara dilanjutkan dengan workshop pembuatan komik strip oleh para peserta yang hadir melalui zoom. Para peserta membuat 3 kolom komik strip dari gambar awal yang dibuat oleh narasumber. Dalam waktu 30 menit, para peserta mampu menghasilkan komik strip yang menarik dengan cerita masing-masing.

Acara worshop ini merupakan rangkaian dari lomba Komik Strip FSRD Usakti yang pada akhir Oktober rangkaian Lomba akan ditutup dengan acara seminar Komik & pengumuman pemenang lomba. Semoga acara ini dapat membangkitkan minat para anak muda untuk dapat berkarya khususnya melalui komik dan dapat mengharumkan almamater dan bangsa Indonesia.